Minggu, 02 April 2023

Analisis Jurnal Mengenai Semiotika Ferdinand De Saussure

Jurnal I 
• Judul : Analisis Makna Jilbab Sebuah Presepsi Mahasiswa IAIN Ponorogo (Penekatan Semiotika Ferdinand De Saussure) 
• Object : Jilbab 
• Metode : menggunakan metode pendekatan penelitian deskriptif kualitatif 
• Analisis :Simbol mengenakan jilbab menunjukan bahwa dia beragama Islam dan sebagai identitas diri seorang muslimah. Namun dengan adanya pergeseran makna jilbab bahwa bukan hanya sebagai penutup aurat dan identitas diri seorang muslimah namun juga jilbab sebagai life style dan fashion agar tidak terkesan kunodan norak jika dibandingkan dengan orang lain. 
-Sign (Petanda) : 
Pemakaian kerudung segi empat, pashmina, jilbab langsungan dengan model dan bentuk yang beragam dan pakaian yang longgar dan tidak ketat.
-Signifer (Penanda) : 
Memakai jilbab jenis segi empat, pashmina maupun jilbab langsungan dengan tetap menutup aurat tapi dengan model yang beragam. Misal: satu atau dua sisi jilbab diserampingkan ke bahu, ujung jilbab ditali ke leher asal dengan pakaian yang dilihat oleh orang lain longgar di badan pemakainya sehingga tidak menampakkan lekuk tubuh 
- Signified (Petanda) : 
Memaknai jilbab untuk menutup aurat adalah simbol mengikuti ajaran syariat Islam sebab jilbab dapat menunjukkan identitas diri seorang wanita beragama Islam atau muslimah. Karena dengan identitas tersebut setidaknya bisa meminimalisir godaan dan tindak kejahatan . Dan dapat  tetap mengikuti trend fashion. Walaupun tampil muslimah, namun tetap fashionable dan memudahkan aktifitas walaupun berjilbab 

• Kesimpulan : Pemaknaan jilbab yang beraneka ragam yang berkaitan erat dengan masing-masing perbedaan latar belakang. Bentuk dan model jilbab merupakan simbol dari alat komunikasi yang menunjukan ekspresi diri dari seorang perempuan. 

Jurnal II 
• Judul : Makna Puisi Wiji Thukul dalam Film “Istirahatlah Kata-Kata” dengan Pendekatan Semiotika Ferdinand De Saussure 
• Object : Puisi dalam film "istrirahatlah kata-kata"
•  Metode : penelitian kualitatif 
• Analisis : 
1. Perlawanan Atas Tindakan Orde Baru 
Puisi Istirahatlah Kata-Kata yang terinspirasi dari kondisi sosial mempunyai makna implisit. Refleksi gerakan yang telah dijalankan berangkat dari salah satu tesis dasar dialektika bahwa diam pun adalah gerak. Demikian pula makna istirahat bukan berarti tidak melakukan apa-apa. Sebaliknya, yang diistirahatkan sebagai teriakan kata-kata kritik terhadap rezim yang mewujudkan dalam aksi-aksi demonstrasi.
2. Ketidakadilan Sosial
Aparat bersikap tidak adil terhadap warga Indonesia yang menajaga keamanan negara namun malah bertindak sebagai bentuk penindasan.

• Kesimpulan :  Puisi Wiji Thukul dalam Film Istirahatlah kata-kata yang memliki dua arti perlawanan dan ketidakadilan sosial Tema puisi Istirahatlah kata-kata dan Tanpa judul dalam bercerita tentang Refleksi yang kemudian melakukan aksi. Perenungan yang dijalani oleh Wiji Thukul dalam puisi ini mempunyai arti kontemplasi yang mendalam untuk melakukan gerakan untuk melawan rezim orde Soeharto. Sedangkan puisi Tanpa Judul bermakna tentang Ketidakadilan sosial yang terdapat dalam film Istirahatlah Kata-Kata.

Jurnal III 
• Judul : Makna Cinta Dalam Lirik Lagu Bismillah Cinta Karya Sigit Purnomo Analisi Semiotika ferdinand De Saussure 
• Object : Lirik Lagu Bismillah Cinta
• Metode : Penelitian Kualitatif-Deskriptif 
• Analisis : cinta memiliki pengertian tersendiri karena setiap orang, setiap manusia pasti mengalami kejadian yang sangat berbeda. Sehingga dapat disimpulkan bahwa cinta memiliki jenis yang bermacam-macam. Makna cinta dapat dilhat dari sudut pandang jenis-jenis cinta yang ada dan bagaimana cinta itu terwujud, berjalan, maupun bagaimana maksud yang disampaikan dalam lirik lagu yang ditulis oleh pengarang.
-Signified : cinta, percaya cinta, kulukis rasa, melanda, panjatkan doa, ramadhan membawa hikmah
-Signifier : Pada kata cinta di atas memiliki dua makna berbeda. Cinta pertama bermaksud kepada julukan ataupun panggilan yang biasa diungkapkan oleh penulis. Sedangkan kata cinta yang kedua menuju kepada makna cinta itu sendiri. Cinta yakni kepercayaan untuk memulai dengan mantap apa yang ada di hadapannya, dengan rasa saling percaya maka segala masalah dapat dengan mudah teratasi jika dilakukan dengan tabah, ulet, serta tidak mengeluh meski yang dihadapi merupakan sesuatu yang berat untuk dijalani 

•Kesimpulan : saya dapat mengetahui bahwa dalam lirik “Bismillah Cinta” saya mengerti makna dari cinta dan lirik ini mengungkapkan bagaimana rasanya ketika seseorang yang dicintainya terpisah dengan jarak sehingga ikatan cinta yang diungkapkan merupakan sebuah ujian untuk bisa saling memahami keadaaan yang menimpa pribadi masing-masing dan agar dapat mengerti bahwa cinta jika tidak dibarengi dengan rasa percaya maka cinta hanyalah sebuah kata-kata yang dapat dituliskan dalam bahasa bukan merupakan ikatan yang membuat hati menjadi aman dan tentram. Dengan demikian, mendekatkan diri kepada Allah adalah jalan terbaik di saat seseorang mengalami berbagai hal seperti sedih, susah, maupun khawatir terhadap sesuatu yang dihadapi.

Object Desain Menarik Bagi Saya

Poster Drama "The Penthouse"



        Object diatas merupakan object poster yang menarik bagi saya. Saya sangat suka menonton korean drama karena banyak cerita yang dapat diambil pembelajaran dan ilmunya. Selain itu saya suka melihat poster dari tampilan drama tersebut salah satu poster yang sangat menarik bagi saya yaitu poster drama "The Penthouse" dengan memiliki tampilan visual yang sudah mencangkup isi dari drama tersebut poster ini memiliki tampilan yang menarik, elegan, dan kemewahan. seperti judul nya The Penthouse yang berarti sebuah unit mewah yang berada di lantai teratas bangunan apartemen dengan menawarkan keindahan pemandangan dari atas gedung. Drama ini memiliki 3 Season dan memiliki poster utama yang selalu ditampilkan kepada khalayak yaitu seperti tampilan poster diatas. Didalam poster tersebut terdapat tampilan 8 aktor dan aktris yang memerankan drama tersebut serta terdapat patung Hera Pelace dan merupakan simbol dewi hera yang merujuk pada karakter salah satu seorang ibu the penthouse yaitu Shim Sur-yeon yang tepat berada di bawah patung tersebut memakai baju putih. Poster ini sangat kuat menggambarkan apa yang tertuang isi dramanya dengan genre drama, ketegangan, dan misteri. Menggunakan warna yang berdomninan berwarna hitam yang memiliki kegelapan atau kelam serta hitam memberikan kesan mewah yang kuat dan bisa mengangkat popularitas drama tersebut melalui poster.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Mengidentifikasi Mitos Metonimi dan Metafora pada Jurnal Series ”School 2017”

Mitos :  Menurut analisis yang telah kami lakukan, mitos yang terdapat pada series School 2017 memperlihatkan aksi karakter utama yang men...