Rabu, 05 April 2023

Abstrak Penelitian Drama Korea "School 2017"

 Nama Kelompok :

  • Atika Zahra Fadhilah (202146500717)
  • Rani Puspita (202146500697)




Abstrak

    Drama merupakan jenis karya sastra yang melibatkan emosi atau konflik dengan menggambarkan kisah realita kehidupan melalui peran dan dialog yang ditampilkan. Drama “School 2017” yang di produksi oleh KBS TV nasional Korea menceritakan sistem hierarki nilai pada kala itu di sekolah SMA Geumdo. Rumusan masalah penelitian ini yaitu bagaimana sistem penilaian sekolah di SMA Geumdo menyebabkan para siswa tidak sanggup menghadapi penilaian dan cara mengatasi stress dalam pembelajaran. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui sistem penilaian seperti apa yang dilakukan pada drama korea School 2017 yang menyebabkan permasalahan tersebut terjadi dan Penelitian ini juga bertujuan untuk mengetahui secara mendalam kondisi siswa berusia 18 tahun dalam mengatasi stres dan banyak mimpi untuk masa depan. Namun hal itu tidak berjalan dengan lancar karena sistem sekolah SMA tersebut, ini menjadi problematika bagi para siswa. Ujian sekolah menjadi berat bagi mereka karena sistem sekolah yang tidak adil dan mereka menghadapi tekanan peringkat berdasarkan nilai ujian. Metode yang akan digunakan penelitian ini yaitu semiotika pemikiran Pierce. Dimana dalam teori Pierce dijelaskan bahwa tanda terdiri dari 3 elemen yaitu elemen Sign terdiri dari simbol (melalui sebuah kesepakatan), ikon (perwakilan fisik), dan interpretant (sebab akibat). Lalu elemen object diartikan sebagai acuan tanda. Serta elemen interpretant yang merupakan sebuah pemikiran seseorang pengguna tanda yang menjadikan tanda tersebut sebagai sebuah makna. Hasil penelitian ini menunjukkan suatu sistem sekolah yang ada pada film school 2017 yang membuat para siswa disekolah tersebut tidak sanggup dalam mengikuti pembelajaran karena sistem hierarki nilai yang diterapkan, hal tersebut membuat siswa melakukan pemberontakan agar sistem penilaian disekolah kembali normal menjadi lebih adil. Model teori Pierce memfokuskan pembahasannya pada 3 elemen dimana dalam penelitian ini elemen sign ditunjukkan dengan scene yang ada pada drama school 2017, lalu pada elemen object ditunjukkan dengan drama school 2017, dan interpretant dalam penelitian ini yaitu tindakan yang dilakukan pemeran pada drama tersebut.
Kata Kunci : Drama, School 2017, Makna Drama, Semiotika, Hierarki Nilai.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Mengidentifikasi Mitos Metonimi dan Metafora pada Jurnal Series ”School 2017”

Mitos :  Menurut analisis yang telah kami lakukan, mitos yang terdapat pada series School 2017 memperlihatkan aksi karakter utama yang men...